Tips Memilih Warna Untuk Mengecat Rumah



Memilih warna untuk cat rumah sebenarnya tidak sulit, namun banyak orang menjadi ragu setiap akan melakukannya. Ketika dihadapkan pada berbagai pilihan warna, biasanya akan terjadi kebingungan dan pada akhirnya memilih (lagi-lagi) warna aman, yaitu putih beserta variasi nuansanya agar terhindar dari resiko salah memilih warna.



Berikut ini tips untuk membantu mempermudah memilih warna cat rumah:

A. Menghargai sejarah: Bila anda berencana untuk mengecat rumah lama, anda mungkin ingin menggunakan perencanaan warna yang akurat. Anda bisa berkonsultasi dengan seorang arsitek dalam mendesain ulang warna lama atau menggunakan komposisi warna yang baru.Dapat juga dengan mengingat kembali kepada nuansa tradisional, budaya lokal, nilai-nilai luhur dan warisan nenek moyang, kenangan masa lalu dengan kehidupan yang tenang, sederhana dan penuh nostalgia.Atau juga dengan benda-benda yang mengingatkan pada nilai-nilai lama, serta mengutamakan segala sesuatu yang serba otentik merupakan nilai-nilai yang ditonjolkan dalam tema ini.

B. Melihat rumah sebelah/tetangga. Rumah tetangga anda mungkin bisa memberikan ide warna cat untuk rumah anda, jangan meniru semuanya tapi ambillah warna yang memang diaplikasikan pada rumah anda.

C. Meminjam dari alam. Tahukah anda jika alam sekitar bisa banyak memberikan ide, misalnya: kombinasi warna hijau dan coklat pada pohon, warna biru di lautan, warna-warna bunga, warna hijau buah apel, dan lain-lain.




D. Perhatikan warna atap. Warna penutup atap rumah anda bisa banyak memberikan keseinbangan warna pada tanpak muka rumah anda, misalnya: warna genting keramik, warna genting beton, warna genting kampung, warna dak beton, dan lain-lain

E. Perhatikan bagian rumah yang tidak ingin di cat/ Setiap rumah pasti memiliki bagian yang tidak ingin di cat, misalnya: dinding dengan bata ekspos, dinding yang sudah dilapisi wallpaper, pintu/jendela dari kayu yang masih mempertahankan warna aslinya. Pilih lah warna cat yang masih bisa di harmonisasikan dengan bagian-bagian rumah anda yang tidak ingin di cat.

F. Inspirasi dari ruang keluarga. Lihatlah ruang keluarga anda, benda apa yang bisa menjadi inspirasi untuk memilih warna cat? misalnya: warna sofa anda, warna karpet atau warna dari motif bantal kursi anda. Pilihlah warna cat yang bisa menyatu dengan benda-benda di ruang keluarga anda.

G. Warna terang untuk kesan lebih luas. Warna-warna terang memberikan efek kesan luas pada ruang, ringan dan terbuka. Kombinasikan warna-warna ini denga ornamen bangunan yang terkesan dinamis.

H. Warna gelap untuk kesan dramatis. Warna gelap yang dimaksud bukanlah warna hitam, tapi warna-warna yang dapat menghadirkan suasana hangat, hidup, nyaman, glamor, keceriaan atau kesan etnik, misal: merah, coklat, kuning, oranye, ungu.



I. Menentukan warna favorit keluarga. Jangan lupa, setiap individu anggota keluarga adalah pribadi yang unik dan memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Perbedaan sifat atau karakter individual inilah yang memunculkan tantangan dalam mendesain sebuah hunian yang harmonis bagi semua anggota keluarga.

J. Menjaga keseimbangan. Warna punya peranan penting dalam kehidupan manusia. Warna pada rumah bissa membangkitkan energi dan mood atau perasaan tertentu, bahkan dapat mengekspresikan kepribadian seseorang. Warna memiliki kekuatan untuk menyembuhkan dan menyeimbangkan emosi, serta dapat menciptakan keselarasan pada ruang-ruang dalam rumah.

CONTOH WARNA DINDING RUMAH YANG CANTIK

I. Paduan warna berani Hijau dan Merah.



II. Paduan warna berani Hijau dan Biru.


III. Warna oranye mendominasi ruang keluarga ini, menambah kehangatan penghuninya.



Demikian beberapa tips yang dapat saya sampaikan menjelang persiapan anda semua dalam menghadapi hari raya Idul Fitri yang biasanya orang mulai lagi memikirkan pengecatan pada rumahnya. Semoga ini semua dapat membantu anda pada saat kebingungan dalam memilih warna cat rumah.



Artikel Yang Disukai :



0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © LINTASAN INFORMASI | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog